Posted by: tsdipura | August 30, 2016

Mbah dan pabrik-Mbah HTR

Secara konsep reaktor HTR khususnya pebble bed reactor sudah ada sejak tahun 60-an, Jerman sukses membangun reaktor eksperimental bernama AVR yang beroperasi sampe 21 tahun, dilanjut dengan reaktor komersial THTR-300 yang hanya beroperasi 3 tahun, desain semakin dimatangkan dengan HTR-Modul dengan daya 200MWt meskipun Jerman sendiri belum mewujudkan desain ini jd kenyataan.

Tahun 90’an, china melanjutkan cita-cita ini…sukses dengan desain dan konstruksi HTR-10 yang menjadi inspirasi banyak proyek berbasis HTR di berbagai negara, hmm salah satunya proyek RDE di Indonesia.

Naah..sejarah HTR-10 china ini tentu dibangun oleh orang-orang yang saat ini sudah menjadi begawan atau mbah di bidang ini. Khususnya mereka yang ngumpul di INET (Institute of Nuclear Energy Technology) Tsinghua University.

W-Yuanhui Xu_batan

Bagi sy yang datang dari generasi setelah mereka, setelah baca dan banyak denger tentang mereka, ketemu langsung

dengan para Mbah menjadi momen menarik.

Dua tahun lalu, beberapa pekan setelah pulang ke Indonesia, delegasi dari china (gabungan kampus dan industri) datang ke BATAN. Alhamdulillah bisa ketemu dengan salah satu Mbah tersebut…Mbah Prof.Yuanhui Xu berikut

 

Pekan lalu..sy dan dua rekan senior di PTKRN-BATAN berkesempatan mendatangi langsung markas mereka di Tsinghua University dan alhamdulillah bisa ketemu Mbah yang lainnya, Prof. Yuliang Sun

W-YulianSun-INET-Day1_personal

Prof. Yuliang Sun dan Prof. Yuanhui Xu memiliki peran penting untuk menjembatani transfer teknologi dari Jerman juga pengembangan teknologi ini secara internal khususnya di INET.

Mendatangi langsung INET sangatlah menarik. Selain melihat fasilitas riset mereka mulai dari komputasi hingga fasilitas uji teknis, selintas sy bisa melihat bagaimana para Mbah ini in-the-making, ya bagaimana inisiatif riset dan proyek mereka melahirkan para Mba-mbah ini.

Di INET, setelah HTR-10 mereka lanjut dengan HTR-PM…naah proyek ini pun sekarang sedang ‘menggodok’ calon-calon Mbah dan Mbahwati baru berikut

TimSimuator_INET-Staff

 

OK..semoga inisiatif program RDE di sini pun berhasil mencetak sdm mumpuni di bidang ini, menjadi Mbah yang besar dengan karya riset mereka.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: